Cara Bikin Video Keren Dengan Teknik Stop Motion

http://rcm.amazon.com/e/cm?t=sharingmrarie-20&o=1&p=8&l=bpl&asins=B002L6IA08&fc1=000000&IS2=1&lt1=_blank&m=amazon&lc1=0000FF&bc1=000000&bg1=FFFFFF&f=ifrBagi yang suka membuat dokumentasi berupa film, teknik yang didapatkan dari kaskus ini layak untuk dicoba. Dengan menggunakan teknik yang dinamai stop motion ini, video kamu bisa jadi keren nantinya. Penasaran dengan apa itu stop motion?
Stop motion movie adalah teknik animasi untuk membuat objek secara fisik yang dimanipulasi muncul untuk bergerak sendiri. Objek tersebut bergerak sedikit demi sedikit antara frame individual difoto, menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan sebagai urutan secara bersambung. Film yang dibuat dengan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan satu sama lainnya.

contoh vidio dengan stop motion bisa di lihat di youtube banyak sekali.

Berikut persiapan dalam membuat video menggunakan teknik stop motion:

1. Kamera
Kamu bisa memakai kamera apa saja, kamera digital saku pun tak apa. Untuk hasil yang lebih bagus, disarankan menggunakan kamera DSLR atau kamera digital yang mempunyai fitur HDR video.
2. Tripod
Fungsi dari tripod ini untuk menyangga agar kamera tetap dalam posisi bidik yang tetap. Intinya, kamera harus tetap dalam posisi bidiknya.
3. Objek
Gunakan objek yang menarik perhatian mata. Bisa juga memakai objek yang berwarna-warni agar lebih menarik.
4. Komputer
Komputer ini merupakan syarat mutlak dalam membuat video dengan teknik stop motion. Tujuan dari penggunaan komputer adalah agar kita dapat mengolah foto-fotonya menjadi film. Dengan menggunakan bantuan software tentunya. Diantara sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan, Windows Movie Maker adalah yang termudah. Sedangkan untuk aplikasi dengan hasil yang lebih bagus (dengan kesulitan yang lebih tinggi tentunya) adalah Adobe After Effect dan Adobe Premiere.
Nah setelah semua peralatan siap, sekarang menuju ke dapur pembuatannya.
Langkah awal, pasang kamera pada posisi bidik yang diinginkan dan kemudian foto. Setelah foto pertama diambil, gerakkan objek dengan mengikuti alur cerita dan foto lagi, gerakkan lagi, dan foto lagi. Begitu seterusnya sampai mendapatkan banyak posisi yang diinginkan dalam beberapa angle / foto.
Setelah semua foto didapatkan, sekarang waktunya mengedit foto-foto tersebut menggunakan aplikasi yang sudah disebutkan diatas. Tips bagi pemula: Angle yang bagus dan alur cerita yang menarik (dan jelas) akan membuat video menjadi bagus. Meski bukan ahli, dijamin video kamu bisa bagus.
Sumber: Kaskus.

About arieve techno

My name arieve, i'm from Purworejo..i live in Yogyakarta more aboute me YM/twitter : arieve_techno

Posted on February 23, 2011, in Multimedia, Tutorial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: